Total Tayangan Halaman

Minggu, 01 November 2015

BODYGUARD AND ASSASSINS

BODYGUARD AND ASSASSINS

Film ini menceritakan tentang bentrokan antara orang-orang yang ingin membunuh founding father Republik China modern Dr.Sut Yat-sen dengan orang-orang yang ingin melindunginya pada setting waktu bulan Oktober tahun 1905 ketika Sut Yat-sen berkunjung ke Victoria City (Hong Kong jaman sekarang). Kunjungan Sut Yat-sen ke Hong Kong sendiri memang kejadian sejarah, hanya saja peristiwa percobaan pembunuhan kepada terhadap Sut Yat-sen yang menjadi tema film ini hanyalah kisah fikti belaka. Film ini menampilkan 3 tokoh yang memang  memiliki hubungan erat dengan revolusi China dan Kuomintang yaitu Sut Yat-sen sendiri, Chen Shaobai (rekan Sut Yat-sen sejak sekolah keedokteran) dan Li Yutang.
Film diawali dengan adegan pembunuhan seorang anggota gerakan revolusi atas perintah pemerintahdinasti Qing. Dari adegan ini, diperlihatkan betapa pemerintahan dinasti Qing dan harus ditindak dengan cara menghabisi dan menghancurkan tokoh-tokoh penting gerakan revolusi. Terutama yang paling diincar adalah otak pergerakan itu sendiri yaitu Sut Yat-sen (didalam film ini sebagai Sun Wen). Kunjungan rahasia Sut Yat-sen ke Hong Kong bocor ketelinga dinasti Qing dan ibu suri Cixi memutuskan untuk membunuh Sun secara rahasia pula dengan mengutus kelompok pembunuh. Di Hong Kong sendiri tentunya rekan-rekan Sun telah siap sedia meyambut, termasuk menyediakan orang-orang yang bersedia melindungi Sun dengan taruhan nyawanya sendiri. Walaupun para pelindung ini belum pernah bertemu Sut Yat-sen, mereka memiliki alasan pribadi masing-masing untuk ikut serta menyerahkan nyawa demi melindungi Sut Yat-sen.
Poin penting dari film ini adalah, ada harga yang harus dibayar untuk suatu tujuan besar dan harga tersebut ternyata sangat mahal dan dibutuhkan orang-orang yang rela dan besar hati dalam menggapainya.Kenyataan bahwa para bogyguard ini adalah orang-orang biasa, bahkan orang yang dianggap tidak berarti oleh lingkungannya, menegaskan agar kita tidak menilai seseorang hanya dari penampilan dan statusnya saja.Ada nilai-nilai keberanian,ketulusan,serta kesetiaan dalam hati orang-orang ini, sehingga mereka mampu melakukan hal yang mungkin sebagian orang enggan untuk melakukannya.Juga ketulusan dan kesetiaan hatilah yang menjadi kunci dari film ini, dan rasa nasionalisme dan keberanian yang tinggi untuk suatu tujuan bersama yang besar di depan mata, sangat sulit untuk mengikuti sikap mereka, karena itu jadilah orang yang berguna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar